GBPUSD Bertahan Di Atas Level 1.2800 Di Tengah Terpuruknya Dolar AS

GBPUSD Bertahan Di Atas Level 1.2800 Di Tengah Terpuruknya Dolar AS

Diperbarui • 2023-12-28

GBPUSD cukup meyakinkan pasar yang melanjutkan kenaikan setelah berhasil menembus ke atas level 1.2800 pada Kamis (28/12/2023) di tengah dolar AS yang terus mencatat pelemahan. Pasar saat ini memperkirakan lebih dari 88% penurunan suku bunga The Fed mulai Maret 2024. Ekspektasi ini membuat dolar AS terus terpuruk menyusul imbal hasil obligasi AS juga mengalami penurunan. Sementara sikap Bank of England (BoE) bersikeras untuk mempertahankan biaya pinjaman pada level 5,25% untuk beberapa waktu juga berperan dalam kenaikan GBPUSD.

Pasangan GBPUSD memperpanjang kenaikannya untuk hari kelima berturut-turut yang berhasil menembus di atas angka 1.2800 selama jam perdagangan Asia pada hari Kamis. Penurunan tekanan inflasi pada ekonomi AS dan komentar dovish dari pejabat Federal Reserve (Fed) telah menyeret dolar AS yang terus mencatat level terendahnya dan memberikan dukungan pada kenaikan GBPUSD, yang saat ini diperdagangkan di sekitar level 1.2810.

Menguatnya GBPUSD tak lepas dari Greenback yang terus menghadapi bawah tekanan karena para pelaku pasar yang mengantisipasi bahwa Federal Reserve (Fed) akan segera memangkas suku bunga. Pasar juga saat ini memperkirakan lebih dari 88% penurunan suku bunga mulai Maret 2024, menurut CME Fedwatch, dengan lebih dari 150 basis poin (bps) penurunan suku bunga yang diperkirakan di sepanjang tahun depan.

Di sisi lain, Bank of England (BoE) mengindikasikan bahwa penurunan suku bunga bank sentral masih dari kata dekat. BoE mempertahankan suku bunga untuk pertemuan ketiga berturut-turut dan bersikeras untuk mempertahankan biaya pinjaman di level 5,25% untuk beberapa waktu. Para pembuat kebijakan bank sentral sebelumnya mengatakan bahwa masih masih terlalu dini untuk membicarakan penurunan suku bunga. Namun, para pelaku pasar memperkirakan penurunan suku bunga kemungkinan akan terjadi di tahun depan, dengan penurunan pertama akan di bulan Mei.

Di tengah suasana musim liburan dan perdagangan yang tipis, sentimen risiko kemungkinan akan menjadi faktor yang mempengaruhi pergerakan GBPUSD, bahkan hingga Tahun Baru. Pada hari ini, pasar hanya akan dipengaruhi oleh rilis data ekonomi AS, di antara nya Klaim Pengangguran mingguan awal AS, Neraca Perdagangan, dan Pending Home Sales bulan November.

Analisa Teknikal GBPUSD

GBPUSD 28122023.jpg

Setelah berhasil menembus level 1.2800, pasangan GBPUSD masih bertahan di atas level tersebut dan sejauh ini diperdagangkan di sekitar level 1.2805 dengan pergerakan yang cukup tipis. Penembusan harga di atas level 1.2810 berpotensi membawa pasangan Cable ini naik menuju level 1.2815 hingga ke level 1.2820. Persilangan antara Simple Moving Average (SMA)100 yang menembus ke atas SMA200, dapat dijadikan indikasi keberlanjutan tren Bullish GBPUSD untuk jangka Panjang. Hal ini didukung dengan indikator Relative Strength Index yang bertahan di area Overbought. Tapi, potensi koreksi pasangan ini juga dapat terjadi, melihat RSI yang terlihat sedikit turun dan mencoba menembus garis 70 yang menandai area Overbought. Penurunan GBPUSD lebih lanjut yang diikuti dengan penembusan RSI di bawah garis Overbought mengindikasikan koreksi pasangan ini.

Jika GBPUSD mampu bertahan dan melanjutkan kenaikan, membuka peluang BUY yang dapat dipertimbangkan di level 1.2813 dengan target profit di level 1.2818/1.2824. Sebaliknya, respons untuk koreksi dan kembali turun ke bawah level 1.2800 membuka peluang SELL yang dapat dipertimbangkan di level 1.2798 dengan target profit di level 1.2794/1.2788.

Mulai Trading Sekarang-2.png

Menyerupai

AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion
AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion

Dolar Australia menguat tipis di awal perdagangan akhir pekan ini, namun masih dalam tren penurunan. Pasar diperkirakan sepi karena memperingati Jumat Agung. Dolar AS menguat karena data ekonomi AS menunjukkan ekspansi,

Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi
Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi

Pasar saham Asia memiliki sentimen sideways dengan bias bearish pada perdagangan Kamis (28/03/2024), karena adanya sentimen ketidakpastian menjelang data indeks harga PCE AS..penjualan ritel Australia dirilis lebih kecil dari perkiraannya.

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera