USDCHF Ke Level Terendah Baru Sejak 2015 Menyusul Kelanjutan Penurunan Greenback

USDCHF Ke Level Terendah Baru Sejak 2015 Menyusul Kelanjutan Penurunan Greenback

Diperbarui • 2023-07-13

USDCHF melanjutkan penurunan akibat aksi jual yang terus melanda dolar AS pada perdagangan Kamis (13/07/2023). Pasangan mata uang ini merosot ke level terendah 15 bulan setelah meningkatnya ekspektasi bahwa Federal Reserve (Fed) hanya akan menaikkan suku bunga sekali lagi tahun ini menyusul data inflasi konsumen AS mencatat kenaikan yang lebih lemah yang dirilis pada hari Rabu.

Inflasi konsumen (CPI) AS menunjukkan kenaikan hanya 0,2% di bulan Juni dan inflasi tingkat tahunan melambat dari 4% menjadi 3%, kenaikan terkecil sejak Maret 2021. Selain itu, inflasi harga inti bulanan juga menjukkan kenaikan yang terkecil sejak Agustus 2021. Sayangnya, penurunan ini terjadi di tengah tanda-tanda bahwa pasar tenaga kerja AS mendingin dan seharusnya memungkinkan The Fed untuk melunakkan sikap hawkish-nya.

Hal ini memicu spekulasi bahwa bank sentral AS itu hampir mengakhiri siklus pengetatan kebijakan moneter tercepat sejak 1980-an. Imbasnya, imbal hasil obligasi Treasury AS melanjutkan penurunan dan membebani Greenback dan memberikan tekanan berat pada USDCHF. Sementara itu, penurunan tajam tampaknya tidak terpengaruh oleh sentimen risk-aversion yang berlaku, yang seharusnya cenderung melemahkan safe-haven Swiss Franc.

Analisa Teknikal USDCHF

USDCHF 13072023.jpg

Pasangan USDCHF memperpanjang tren penurunan untuk hari keenam berturut-turut dan turun ke level terendah sejak Januari 2015, di sekitar area 0,8620 - 0,8615 namun berhasil sedikit memulihkan penurunannya yang saat ini bergerak di area 0,8635. Hal ini, bersama dengan Relative Strength Index (RSI) yang sangat oversold dan masih tertahan di bawah area 30 dan belum menunjukkan tanda-tanda pemulihan yang cukup berarti.

Penembusan ke bawah level 0,8615,  yang menjadi level terendahnya yang terakhir ditembus Januari 2015, akan membuka peluang SELL USDCHF pada level 0,8610 yang berpotensi turun menembus ke bawah level support penting 0,8600 hingga ke level 0,8590 yang dapat dijadikan area target profit. Sebaliknya, koreksi USDCHF dengan menembus naik ke atas level resistance terdekatnya di 0,8650 membuka peluang Buy yang kemungkinan hanya naik hingga ke level 0,8670.

Menyerupai

AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion
AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion

Dolar Australia menguat tipis di awal perdagangan akhir pekan ini, namun masih dalam tren penurunan. Pasar diperkirakan sepi karena memperingati Jumat Agung. Dolar AS menguat karena data ekonomi AS menunjukkan ekspansi,

Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi
Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi

Pasar saham Asia memiliki sentimen sideways dengan bias bearish pada perdagangan Kamis (28/03/2024), karena adanya sentimen ketidakpastian menjelang data indeks harga PCE AS..penjualan ritel Australia dirilis lebih kecil dari perkiraannya.

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera