XAUUSD Relatif Flat Menjelang Rilis Data Indeks Aktivitas Bisnis AS

XAUUSD Relatif Flat Menjelang Rilis Data Indeks Aktivitas Bisnis AS

Diperbarui • 2023-11-24

XAUUSD masih bergerak dalam pola konsolidasi atau sideways memasuki perdagangan sesi Eropa, Jumat (24/11/2023). Kenaikan imbal hasil obligasi AS yang cukup baik diyakini menjadi penghambat XAUUSD untuk melanjutkan kenaikannya. Sementara ketidakpastian suku bunga the Fed dan sentimen risiko yang lebih lembut masih memberikan dukungan pada logam mulia tersebut.

XAUUSD melanjutkan pola sideway nya yang bergerak dalam rentang yang cukup terbatas di area 1990, dan mencatat kenaikan moderat yang sama yang dicapai pada hari Kamis di tengah pelemahan ringan dolar AS danyang tertahan oleh rebound ringan imbal hasil obligasi AS. Masih belum terlihat untuk aksi beli lanjutan dan berosilasi dalam rentang sempit di bawah level psikologis 2000 hingga memasuki sesi Eropa.

Ketidakpastian mengenai jalur kenaikan suku bunga Federal Reserve (Fed) menahan para pelaku pasar untuk masuk ke pasar dengan posisi terarah yang agresif dan justru mengarahkan  pada pergerakan harga yang lemah terbatas pada perdagangan di akhir pekan ini.

Laporan inflasi konsumen AS bulan Oktober yang lebih lembut mengaburkan ekspektasi, namun, masih ada untuk kenaikan suku bunga di bulan Desember oleh Federal Reserve (Fed). Bahkan, pelaku pasar justru meyakini akan kemungkinan serangkaian penurunan suku bunga di tahun depan. Namun, risalah pertemuan FOMC yang dirilis pada hari Selasa kemarin menunjukkan nada yang lebih hawkish. Sementara data makro AS pada hari Rabu menunjukkan tanda-tanda bertahannya pasar tenaga kerja AS.

Kenaikan ekspektasi inflasi konsumen seharusnya memungkinkan the Fed untuk mempertahankan suku bunga lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama. Hal ini, bersama dengan kenaikan imbal hasil obligasi AS yang cukup baik. Sehingga kondisi ini menjadi penghambat bagi XAUSUD yang tidak memberikan imbal hasil untuk melanjutkan kenaikannya.

Pasar yang tampaknya yakin bahwa bank sentral AS akan mempertahankan suku bunga dibanding dengan menaikkannya, justru menjadi penghambat dolar AS untuk mendapatkan daya tarik yang berarti dan memanfaatkan rebound di pekan ini dari level terendah sejak 31 Agustus. Selain itu, sentimen yang lebih lemah di sekitar pasar ekuitas masih dapat menjadi pendukung kenaikan dan membatasi penurunan safe-haven bullion yang masih mempertahankan jalur menuju kenaikan mingguan kedua berturut-turut karena para trader menantikan data PMI AS yang diperkirakan mencatat penurunan ringan.

Analisa Teknikal XAUUSD

XAUUSD 24112023.jpg

Secara teknikal, XAUUSD saat ini memang dalam pola sideway, melanjutkan pola yang sama dengan perdagangan di hari Kamis. Bullion ini juga terlihat sangat kesulitan untuk kembali menyentuh level psikologis 2000. Pada timeframe H1 terlihat XAUSUD bergerak cukup landai tepat di bawah lintasan Simple Moving Average (SMA)50 dan di atas lintasan SMA100. Hal ini mengindikasikan XAUUSD masih cukup kuat untuk menahan penurunannya. Sementara indikator Relative Strength Index bergerak tepat di garis tengah (50) yang menunjukkan pergerakan berkelanjutan konsolidasi bullion.

Indikasi kenaikan yang berlanjut membuka peluang BUY XAUUSD pada level 1997 dengan target profit pada level 2003/2005. Sementara jika XAUUSD menunjukkan penurunan, potensi SELL dapat dipertimbangkan pada level 1988 dengan target profit pada level 1983/1981.

Mulai Trading Sekarang-2.png 

Menyerupai

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera