Mengulas Sistem Tren

Mengulas Sistem Tren

Diperbarui • 2023-04-03

Mari kita bahas strategi efektif, yang menyajikan perpaduan ide-ide terbaik dari trader terkenal seperti Larry Williams, Ralph Elliott, dan Alexander Elder. Kami akan membahas langkah-langkah strategi ini supaya mudah untuk Anda pahami. Apakah Anda siap? Mari kita mulai.

Menemukan maksimum dan minimum

Pertama, mari lihat definisi utama yang akan kita gunakan dalam strategi ini.

Sebuah maksimum adalah candlestick, yang terletak di antara dua candlestick lain dengan titik tinggi yang lebih rendah. Selain itu, penting bahwa candlestick berikutnya hingga maksimum harus memiliki titik rendah yang lebih rendah.

max_strategy.png

Sebuah minimum adalah candlestick, yang terletak di antara dua candlestick lain dengan titik rendah yang lebih tinggi. Selain itu, penting bahwa candlestick berikutnya hingga maksimum harus memiliki titik tinggi yang lebih tinggi. Silakan lihat pada contoh di bawah ini. 

min_strategy.png

 

Menentukan pembalikan

Tren adalah arah umum dari harga suatu aset di pasar. Tren naik (tren bullish) terdiri atas serangkaian titik tinggi yang lebih tinggi dan titik rendah yang lebih tinggi – harga bergerak naik. Tren turun (tren bearish) digolongkan sebagai serangkaian titik rendah yang lebih rendah dan titik tinggi yang lebih rendah – harga bergerak turun. Momen terbaik untuk memasuki pasar adalah saat pembalikan tren.

Ada dua cara untuk menentukan pembalikan (reversal):

1. Jika ada tren naik dan Anda menemukan titik minimum, tarik garis melalui harga penutupannya. Jika setelah menembus (breakout) garis ini, dua candlestick berikutnya secara berturut-turut ditutup lebih rendah dari garis ini, maka ini akan menjadi pembalikan tren.

reversal2.png

2. Jika ada tren turun dan Anda menemukan titik maksimum, tarik garis melalui harga penutupannya. Jika setelah menembus (breakout) garis ini, dua candlestick berikutnya secara berturut-turut ditutup lebih tinggi dari garis ini, maka ini akan menjadi pembalikan tren.

reversal1.png

 

Memasuki pasar

Baiklah, sekarang kita bisa mendefinisikan pembalikan. Mari coba temukan momen yang tepat untuk masuk ke pasar. Kita akan menggunakan konsep strategi tiga layar (triple screen) Elder. Menurut strategi ini, ketika ada sinyal pada timeframe yang lebih besar, tunggu di timeframe yang lebih kecil lalu masuk. Perhatikan dengan baik semua kondisi tersebut. Beberapa langkah mungkin membuat Anda bingung, tetapi tampilan visual akan membantu Anda memahaminya dengan baik.

Berikut adalah instruksi lengkapnya:

1. Temukan pembalikan tren pada grafik harian seperti yang tertulis di atas.

2. Beralih ke grafik dengan rentang 4 jam.

3. Kasus pertama: tren naik terjadi pada grafik harian.

  • Tunggu penembusan (breakout) dari level minimum terdekat pada grafik dengan rentang 4 jam.
  • Setelah penembusan terjadi tunggu sampai titik maksimum baru muncul. Jika maksimum baru muncul, disarankan untuk melakukan beli.
  • Atur Buy Stop di atas maksimum baru, dan Stop Loss – di bawah candlestick berikutnya, yang ditutup lebih rendah dari maksimum baru ini.
  • Kemudian ubah Stop Loss naik dan letakkan di bawah setiap minimum baru.

uptrend for strtehy.png

4. Kasus kedua: tren turun terjadi pada grafik harian:

  • Tunggu penembusan (breakout) dari level maksimum terdekat pada grafik dengan rentang 4 jam.
  • Setelah penembusan terjadi tunggu sampai titik minimum baru muncul. Jika minimum baru muncul, disarankan untuk melakukan jual.
  • Atur Sell Stop di atas minimum baru, dan Stop Loss – di atas candlestick berikutnya, yang ditutup lebih tinggi dari minimum baru ini.
  • Kemudian ubah Stop Loss turun dan letakkan di atas setiap maksimum baru.

*Pada grafik dengan rentang 4 jam, Anda tidak perlu menunggu dua candlestick secara berturut-turut setelah penembusan level maksimum atau minimum karena kita menunggu di grafik harian. Anda hanya perlu penembusan (breakout) pada level ini.

downtrend for strategy.png

Selesai! Anda telah mempelajari strategi baru yang efektif! Strategi ini sangat menarik karena sederhana dan efektif. Stop loss akan melindungi Anda dari kerugian. Namun, harap perhatikan bahwa disarankan untuk tidak menggunakan strategi ini selama peristiwa ekonomi penting seperti perilisan NFP. Sebagai tambahan, Anda tidak hanya dapat menggunakan seluruh strategi ini, tetapi juga komponen-komponennya: menentukan pembalikan tren, menemukan minimum serta maksimum, dan membuat order tertunda. Selamat menikmati trading Anda!

TRADING SEKARANG

Baca lebih lanjut

Menyerupai

Pertanyaan yang sering diajukan

  • Bagaimana cara membuka akun di FBS?

    Klik tombol 'Buka akun' di situs web kami dan lanjutkan ke Personal Area. Sebelum Anda memulai trading, selesaikan dulu proses verifikasi profil. Konfirmasikan alamat email dan nomor telepon Anda, dan verifikasi ID Anda. Prosedur ini bertujuan untuk memastikan keamanan dana dan identitas Anda. Setelah Anda menyelesaikan prosedur ini, silakan login ke platform pilihan Anda, dan silakan memulai trading. 

  • Bagaimana cara memulai trading?

    FBS dan karier Forex diperuntukkan hanya kepada klien yang berusia 18 tahun ke atas. Untuk memulai trading, Anda harus memiliki akun di broker dan pengetahuan yang cukup, minimal tentang karakteristik aset di pasar keuangan. Mulailah dengan mempelajari dasar-dasarnya dengan materi edukasi gratis dari kami dan buka akun di FBS. Anda bisa mengamati lingkungan trading terlebih dahulu dengan dana virtual di akun Demo. Apabila sudah siap, Anda bisa memasuki pasar yang sesungguhnya dan trading dengan sukses.  

  • Bagaimana cara menarik profit yang dihasilkan di FBS?

    Prosedurnya sangat mudah. Cukup masuk ke halaman Penarikan Dana di situs web atau menu Keuangan di Personal Area FBS dan tarik dana Anda. Anda bisa menarik profit Anda melalui sistem pembayaran yang sama seperti yang Anda gunakan saat deposit. Jika Anda mendanai akun melalui berbagai metode, tarik profit Anda melalui metode yang sama berbanding dengan jumlah yang didepositkan.

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera